Yuk, Belajar Mengatur Keuangan Sejak Dini

Yuk, Belajar Mengatur Keuangan Sejak Dini

Bagaimana usaha seorang pedagang yang akan menjual barangnya agar cepat laku. Lambat laun seiring peningkatan kognitif anak, maka kemampuan anak untuk berkreativitas dan memahami wirausaha akan semakin kuat. Sekalipun jumlah atau besaran dari uang yang dikeluarkan masih bersifat abstrak, apakah itu jumlag yang besar atau tidak. Namun anak mengetahui bahwa benda itu bernilai karena harus ditebus dengan uang. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang bermasalah mayoritas berasal dari keluarga yang kurang mengawasi anaknya.

Sudah tidak ada lagi yang membayarmu, kinerja dan performamu lah yang menentukan besaran penghasilan yang kamu dapatkan. Belajar berwirausaha sejak masih muda akan membuat kamu jadi pribadi yang lebih mudah beradaptasi di segala situasi. Kamu sudah tidak lagi canggung saat harus menyesuaikan diri dengan keinginan pasar, kamu akan jadi pribadi yang lebih cepat belajar ketika dihadapkan pada tuntutan konsumen.

Usia Noa masih 12 tahun ketika mendirikan agensi jasa mengasuh anak bernama Nannies by Noa. Berawal dari kebutuhan tetangganya yang membutuhkan pengasuh saat mereka bekerja, Noa pun berhasil menjalankan usahanya hingga berjalan di usia ketiga saat ini. Noa bahkan berhasil mendapatkan one hundred ninety orang klien dan mempunyai setidaknya a hundred and fifty orang pengasuh anak yang tergabung di bawah agensinya. Ia hanya mengenakan biaya Rp sixty nine ribu per jam untuk para klien yang menggunakan jasanya. Ada artikel populer pada Thrillist yang menjadi viral di tahun lalu dengan memberikan daftar alasan mengapa Anda harus keluar dari pekerjaan mereka dan melakukan perjalanan di usia 20an. Namun, saya mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak perlu keluar dari pekerjaan dan menghabiskan uang Anda untuk keliling dunia.

Jadi Saya akan bercerita singkat mengenai bisnis yang Saya rintis sejak 2014 yakni Teracom Technology. Selama perjalananya Bisnis yang Saya rintis bersama 2 rekan Saya ini telah mengalami perubahan nama sebanyak 2 kali. Bisnis Saya ini bergerak dalam bidang Servis Teknologi dan Informasi melayani Servis Komputer/PC, Laptop, Printer, Gadget dan lain-lain. Pembelian Software ataupun Hardware, Installasi Jaringan Internet, Troubleshooting. Sebagai contoh aplikasi dari bisnis saya adalah huruf JENIUS yang jadi logo jenius itu dibuat khusus ya, khusus untuk jenius. Kalo teman-teman cari tidak akan nemu dimanapun kecuali kalian membajak huruf tersebut.

Kak Seto menolak anggapan bahwa anak yang belajar bisnis sejak kecil, akan menjadi “mata duitan”. Tujuan melatih kewirausahaan sejak dini lebih untuk memberikan kesempatan pada anak untuk tumbuh menjadi pribadi kreatif. “Dengan kreativitas anak bisa menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada,” jelasnya. Untuk bisa kreatif, anak harus tumbuh dalam suasana yang aman dan bebas secara psikologis. Aman berarti anak tidak banyak dicela atau dikritik berlebihan oleh orangtuanya. Bebas dalam arti anak diberi kesempatan untuk melontarkan ide, membuat terobosan baru.

Nah, untuk memulai bisnis, kamu perlu melakukan survei terhadap supplier. Memilih provider yang tepat adalah salah satu kunci dari kesuksesan seorang dropshipper. Sehingga kita bisa melihat peluang dan kesempatan dan berani menyimpulkan bahwa suatu ide dapat dilakukan dan make sense untuk memperoleh keuntungan dari sana.

Merintis usaha sedari dini

Ketua HIMPI Perguruan Tinggi Kalbar, Mohammad Holil dalam kesempatan itu mengemukakan nantinya setiap perguruan tinggi ditarget minimal 30 mahasiswa-mahasiswi untuk dikader menjadi wirausaha pemula. “Kita mau setiap mahasiswa sudah tertanam jiwa wirausaha sedari dini, sehingga ketika selesai nanti mereka dapat menciptakan lapangan kerja, bukan mencari atau melamar bekerja,”ujar Holil. Dan semua pelayanan para konsultan PLUT tersebut diberikan secara cuma-cuma, tanpa perlu diberi imbalan. Open recruitment untuk mencari wirausaha pemula tersebut dijaring dari kalangan mahasiswa Universitas Tanjungpura, Polnep, IAIN, UPB, BSI, IKIP dan UMP yang ada di Kota Pontianak. Saat bekerja, kita biasa menitipkan anak kita kepada pengasuh, entah itu baby sitter, nenek ataupun sanak keluarga lainnya. Misalnya, keluarga dapat bekerja sama untuk membersihkan dapur setelah makan malam, dengan bantuan semua anggota keluarga, pekerjaan rumah tangga dapat dilakukan lebih cepat.

Selain penanaman dalam bentuk dana seperti di atas, jenis investasi untuk pemula yang tak kalah penting yakni investasi pengalaman sedari dini. selain mendapatkan setumpuk pengalaman tentang entrepreneurship, jika usaha yang kamu jalankan berhasil, tentu akan mendatangkan revenue menjanjikan untukmu. Selain itu, jenis investasi untuk pemula yang satu ini juga tidak memerlukan dana yang besar, karena pembelian emas memiliki variasi yang sangat banyak, bahkan berkisar 1 jutaan.

Saat ini sudah banyak kaum muda yang sukses dengan membangun bisnisnya. Mulai dari bisnis kuliner, hingga berbisnis properti dan memiliki perusahaan sendiri. Mari kita jujur untuk beberapa saat, tidak semua ide akan berhasil dan menghasilkan uang.

Comments are closed.