Wali Kota Kediri Sidak Kesiapan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Wali Kota Kediri Sidak Kesiapan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Itulah sebabnya Pemerintah melalui Kemenkes meminta agar seluruh pihak termasuk masyarakat untuk bahu membahu dan tertib melaksanakan protokol kesehatan, serta saling berbagi informasi yang benar, agar Indonesia dapat segera memenangkan pertarungan melawan Covid-19. Selain itu, tambahnya, perlu dilakukan mitigasi dan evaluasi serta bantuan manajemen kesehatan di daerah yang sedang mengalami lonjakan. Sementara untuk daerah yang belum mengalami lonjakan, diterapkan kebijakan PPKM Mikro, yang diberlakukan secara terus menerus sehingga kondisi aman. Selain itu mereka njuga diingatkan untuk menghindari kerumunan dengan tidak beraktivitas diluar rumah, selalu menggunakan masker dan menjaga jarak serta cuci tangan.

Pemerintah mulai menghimbau untuk sekolah tatap muka

Dinas Pendidikan Kota Cilegon mencatat dari 3.000 guru se-Kota Cilegon yang diajukan ke Dinas Kesehatan , baru sebanyak 300 guru yang sudah di vaksin. Untuk itulah Kementerian Kesehatan memberikan kesempatan kepada Pemerintah DKI Jakarta untuk melakukan vaksinasi Covid-19 tahap three, dengan target vaksinasi adalah masyarakat umum. KPAI berharap ada arahan dari pemerintah untuk menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah untuk melakukan sterilisasi sekolah sebelum September.

Hal itu perlu dilakukan agar belajar tatap muka yang direncanakan tahun depan bisa direalisasikan. Idealnya sebelum membuka sekolah, semua anak, guru dan petugas sekolah melakukan pemeriksaan swab, dan secara ulangan melakukan pemeriksaan swab ulangan untuk high quality management protokol kesehatan di sekolah. Pihak Pemkab Bener Meriah melalui Dinas Pendidikan juga menghimbau dan mengingatkan para orang tua siswa agar dapat mengawasi anak dengan ketat, untuk tetap belajar dirumah secara mandiri. Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah, Sukur menginstruksikan kepada seluruh Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Bener Meriah untuk kembali menyampaikan kepada seluruh guru, siswa dan serta orang tua wali siswa bahwa PBM tatap muka ditiadakan. “Antusias orangtua mendaftarkan anaknya sebagai calon peserta didik baru di SMP negeri ini merupakan wujud kepedulian masyarakat akan program wajib belajar yang digaungkan pemerintah,” ungkapnya.

Rencana pemerintah terkait pembelajaran sekolah tatap muka semasa pandemi ini menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Salah satu pihak yang tidak setuju atas rencana pemerintah tersebut datang dari Federasi Serikat Guru Indonesia . Dalam hal ini FSGI khawatir apabila pembelajaran tatap muka justru menambah klaster baru pada kasus covid-19. Selain itu, tidak sedikit pula anak-anak di seluruh negeri yang belum menerima vaksin. Oleh karena itu, FSGI meminta pemerintah pusat maupun daerah untuk melibatkan Epidemiolog dan Ikatan Dokter Anak Indonesia di setiap daerah supaya turut serta memberikan pertimbagan dalam memutuskan rencana sekolah tatap muka pada Juli 2021 mendatang.

Jadi kalau tempat cuci tangannya ramai, bisa pakai handsanitaizer dan menggunakan masker dengan benar. Kalau dari kain harus tiga lapis dan setiap hari dicuci atau sediakan beberapa masker. Jadi itu bukan tanggung jawab sekolah saja, tapi juga tanggung jawab wali murid . Dalam pembelajaran ini, sekolah harus memastikan agar peserta didik tidak terbebani kurikulum dan goal angka.

Melalui Rapat Koordinasi dan Evaluasi , Walikota Gorontalo Marten Taha menyinggung terkait dengan surat edaran Gubernur tentang pembelajaran tahun 2021. Disampaikan, karena hampir 30 persen siswanya tidak mempunyai HP, otomatis materi pendidikan disampaikan lewat luring. Siswa bergiliran ke sekolah maksimal 25 orang untuk mengambil materi pelajaran. Diantaranya, risiko putus sekolah yang meningat hingga capaian belajar anak yang menurun. Tapi, harus diakui bahwa belajar di rumah tidak optimum,” ujarnya membacakan surat Menko PMK Muhadjir Effendy dalam temu media secara daring kemarin (20/11). Bila pemerintah tetap membuka KBM langsung di kelas-kelas, IDAI memberi pertimbangan, lanjut Yogi, pemerintah pusat, BNPB, Kementerian Kesehatan diharapkan memiliki juklak dan juknis terkait New Normal yang tegas, jelas, dan sinkron antar berbagai lapisan pemerintahan.

Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im menegaskan pemberian izin pelaksanaan PTM di satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, atau kantor Kementerian Agama kabupaten atau kota sesuai kewenangannya. Pemberian izin pelaksanaan PTM di satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, atau kantor Kementerian Agama kabupaten atau kota sesuai kewenangannya. Slot Online Terpercaya Walau masih kondisi pandemi COVID-19, lanjut Nadiem, tetap harus melaksanakan tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat. “Satu-satunya opsi, kita harus melaksanakan tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat, agar Indonesia tidak kehilangan satu generasi,” tegasnya. Kalu dilihat dari sisi kesiapan, ia mengatakan sudah banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk mengakselerasi kesiapan belajar tatap muka terbatas ini secara menyeluruh.

Kalau juklak dan juknis sudah bagus, izin dari pemerintah sudah diizinkan proses tatap muka dan seluruh guru di Cilegon sudah di vaksin otomatis penyelenggaran belajar tatap muka bisa optimal setelah lebaran 2021 ini,” jelas Ismatullah. “Penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak aman, serta sering mencuci tangan merupakan adaptasi Kebiasaan Baru yang harus diterapkan dengan disiplin tinggi, agar kita dapat tetap sehat dalam melewati pandemi Covid-19 ini,” tegasnya. Hingga akhirnya keluar SKB Empat dan surat edaran dari Wali Kota Malang di bulan April, SMA Negeri 2 Malang kembali menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas pada pertengahan April 2021. “Sarana dan Prasarana sekolah kami sudah siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas,” tutur Hariyanto. Kesiapan SMA Negeri 2 Malang dengan pembelajaran tatap muka bahkan sudah terlihat sejak Juli 2020 lalu.

Comments are closed.