Tanggapan Orang Tua Mengenai Sekolah Tatap Muka

Tanggapan Orang Tua Mengenai Sekolah Tatap Muka

Namun, pembelajaran secara tatap muka ini harus dilakukan dengan terbatas. Jika sekolah anaknya sudah memberikan kesempatan tatap muka terbatas, sebagai orangtua, dia akan memperbolehkan anaknya masuk sekolah. Besok tetap harus berani mencoba tatap muka,” beber ibu dua anak ini. Setiap guru wajib melaksanakan tugas sesuai dengan pembagian tugas dengan sistem dan pola kerja wfo dan wfh. Untuk saat ini guru tidak dapat melaksanakan mengajar secara handbook dikarenakan memperhatikan keutamaan kesehatan dan keselamatan bagi peserta didik dan bagi guru sendiri.

Tanggapan orang tua mengenai sekolah tatap muka

Langkah yang dilakukan pihaknya di antaranya dengan melakukan pendataan persetujuan wali murid apakah setuju dan mengizinkan anaknya untuk mengikuti pembelajaran tatap muka. Ia juga mengungkapkan telah melakukan renovasi beberapa ruangan untuk antisipasi jika tatap muka jadi dilakukan. Pembelajaran dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, yang mana kondisi kelas dengan jarak antarsiswa minimal 1,5 meter, jumlah maksimal peserta didik per ruang kelas PAUD lima siswa, pendidikan dasar dan menengah, masing-masing 18 siswa, serta SLB lima siswa. Salah satu orang tua murid di DIY, Wasingatu Zakiyah mengatakan, tidak mempermasalahkan dilakukannya pembelajaran secara tatap muka.

Beberapa penelitian menyatakan peran serta orang tua terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi belajar anak, meningkatkan karakter anak, meningkatkan ketahanan anak di sekolah, dan meningkatkan tingkat kelulusan anak. Untuk itu orang tua haruslah aktif dan terlibat memantau anaknya belajar, hindari sifat cuek atau abai terhadap aktivitas yang dilakukan anak saat di rumah. “Dari semua proses pembiasaan ini kita berusaha secara maksimal untuk mengumpulkan data yang sebanyak-banyaknya termasuk merekam, membuat video testimoni, serta meminta tanggapan orang tua, pemerintah kecamatan, dan desa,” tutur Zubair.

Untuk itu, diperlukan trik agar anak bisa mempraktikan kebiasaan hidup bersih. Jadi, orangtua bisa mengajari anak mencuci tangan sambil menyanyi dengan durasi sekitar 20 detik. Di masa pandemi Covid-19, saran dr Ria, di rumah setidaknya ada termometer untuk mengukur suhu tubuh anak setiap hari. Akan lebih baik lagi jika ada thermo gun yang lebih cepat menampilkan hasil pengukuran suhu tanpa bersentuhan dengan permukaan kulit.

Pemerintah memutuskan memulai sekolah tatap muka terbatas pada Juli 2021. Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di masa pandemi Covid-19. “Saya mendukung kegiatan belajar mengajar bisa kembali dijalankan. Karena kami percaya sektor pendidikan sebagai investasi penting untuk manusia dan ekonomi Indonesia ke depan,” ucap Budi. Sri menegaskan, persiapan ini harus dilakukan dengan matang oleh pemerintah daerah, satgas covid-19 daerah, sekolah, dan restu orang tua sesuai daftar periksa yang sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan Bersama 4 Deposit Pulsa Tanpa Potongan Menteri. “Kenapa kemudian kita jadi takut sekolah akan menjadi tempat penularan? Padahal sekolah dan orang tua di rumah tidak berhasil mendidik anak-anak kita untuk mematuhi protokol kesehatan di dalam lingkungan,” kata wanita 46 tahun ini. Mereka ketinggalan informasi dengan teman-teman yang punya fasilitas teknologi.

Comments are closed.