Menyambut Uji Coba Sekolah Tatap Muka Di Jakarta

Menyambut Uji Coba Sekolah Tatap Muka Di Jakarta

Taga mengatakan bahwa jumlah itu terdiri dari eighty three sekolah yang sudah mengikuti uji coba tatap muka secara terbatas pada tahap pertama. Pihak sekolah mengatakan tidak ada dampak dalam pelaksanaan sekolah tatap muka. Selain itu, di Bandung Jawa Barat sebanyak 319 sekolah mulai dari TK-SMA hari ini (07/06) juga menggelar uji coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas . Pada tahap pertama, kegiatan uji coba untuk SMP diikuti siswa kelas 7 dan eight, sedangkan untuk SD diikuti siswa kelas 4 dan 5. Seluruh siswa pun diminta membawa kelengkapan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan handsanitizer pribadi.

Jika dalam pelaksanaannya, terdapat wali siswa yang belum mengijinkan anak untuk sekolah tatap muka, maka pihak sekolah diharuskan tetap menyediakan pembelajaran jarak jauh atau daring bagi siswa tersebut. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, uji coba belajar Situs Bola Online tatap muka berjalan lancar. Setelah dilakukan pengawasan dan pemantauan setiap hari sejak 7 April 2021, belum ada laporan negatif. “Laporan yang kami terima secara umum sangat baik,” ujarnya, Kamis (29/4). Jumlah hari sekolah tatap muka terbatas adalah 1 hari dalam 1 minggu.

“Jadi mohon kepada kepala daerah, karena vaksin kita kirim ke daerah, prioritaskan guru dan lansia. Guru harus sudah divaksinasi sebelum tatap muka terbatas dilaksanakan,” kata dia. Kedua, menyoal kuota pembelajaran tatap muka hanya boleh maksimal 25 persen dari total siswa. Ketiga, perihal durasi, pembelajaran tatap muka tidak boleh dilakukan lebih dari dua hari dalam sepekan.

Sekolah tatap muka uji coba

Hari Selasa dan Kamis saat tidak ada kegiatan belajar mengajar, dialokasikan sebagai waktu jeda bagi ruang kelas untuk dilakukan disinfeksi atau penyemprotan. JakCLM adalah fitur di aplikasi JAKI yang memungkinkan penggunanya melakukan uji risiko mandiri gejala Covid-19. Untuk menggunakan JakCLM, pengguna harus memasukkan information diri yang akurat.

Kelima, semua guru sudah harus selesai divaksinasi sebelum dimulai . Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya menyampaikan, lima instruksi Presiden Joko Widodo soal pelaksanaan kembali sekolah tatap muka. Riza berharap pelaksanaan uji coba tahap kedua berlangsung lebih baik. Nahdiana menyiapkan pembelajaran campuran untuk antisipasi perihal tersebut. Adapun yang dimaksud ‘blended studying’ ini ketika orang tua belum mengizinkan anaknya, hak belajar anak masih tetap dapat. Untuk itu, Bima meminta seluruh tenaga pendidik untuk menyampaikan kepada orang tua murid mengantar jemput siswa.

Sekolah yang terdapat kasus positif, harus memperbaiki prokesnya, memenuhi sarana prasarananya, dan jika setelah evaluasi dimungkinkan untuk dibuka kembali, maka akan dibuka. Daerah yang diperbolehkan untuk melakukan uji coba ini adalah yang zonanya oranye dan kuning. Lidwina menjelaskan, selain membatasi hanya 100 siswa, tidak ada aktivitas di sekolah, selain hanya proses pembelajaran yang dimulai pukul 07.00 hingga pukul eleven.00 WIB. Selama pelaksanaan simulasi, kantin sekolah juga tutup dan pihak sekolah juga bekerja sama dengan aparat kelurahan setempat dan pihak terkait untuk mengontrol para pedagang yang ada di luar lingkungan sekolah. Artinya selama bulan suci Ramadhan, uji coba PTM akan tetap berlangsung selama 3-4 jam di pagi hari. Total siswa akan belajar di sekolah selama tiga hari sepekan yakni pada Senin, Rabu dan Jumat dengan durasi 3-4 jam, berlangsung selama tiga pekan yakni mulai dari 9-26 Juni 2021.

Semua guru dan pengurus sekolah yang berhubungan dengan anak dan orang tua atau pengasuh harus sudah divaksin. Pengawasan yang ketat dari semua pihak yang terlibat dalam sekolah tatap muka. Tenaga pendidik harus sudah mendapatkan vaksinasi sebelum memulai sekolah tatap muka. Siswa akan masuk tiga kali dalam satu pekan, dibagi berdasarkan siswa dengan nomor ganjil dan genap. Satu kelas maksimal diisi 12 anak dan siswa tidak dibagi dalam shift karena pergantian shift dinilai rentan terjadi kerumunan.

“Itu hak prerogatif orang tua untuk memilih anaknya mau belajar tatap muka atau belajar jarak jauh,” pungkas Nadiem dari laman Kemendikbud-Ristek. Di Sekolah Dasar Negeri 07 Kenari, Jakarta Pusat protokol kesehatan ketat diterapkan dan siswa yang masuk hanya 16 orang atau 50 persen dari kapasitas kelas. Taga menjelaskan, jumlah itu merupakan gabungan dari eighty three sekolah yang sebelumnya telah melaksanakan piloting belajar tatap muka terbatas bulan April lalu dan 143 sekolah yang lulus assesment. FSGI juha mendukung langkah pemerintah daerah untuk melaksanakan belajar tatap muka terutama di daerah terpencil dan pulau-pulau kecil pada Juli 2021 mendatang.

Sedangkan PTM untuk jenjang sekolah dasar belum dapat dilaksanakan, karena masih dilakukan evaluasi oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor. Hanafi menambahkan, whole ada seventy three sekolah termasuk jenjang SD yang sudah siap untuk melaksanakan PTM. Namun diputuskan sebanyak 37 sekolah yang masuk kriteria untuk melaksanakan PTM. Uji coba ini semestinya dimulai pada Senin, 7 Juni 2021, namun jadwal diundur hingga Rabu 9 Juni 2021.

Materi pembelajaran pun esensial, tidak ada olahraga, ekstrakurikuler. Sementara untuk durasi belajar siswa di sekolah, tidak akan berlangsung dalam waktu yang terlalu lama. Sejak Januari 2021, sebelum Pemprov DKI Jakarta menggelar uji coba PTM, KPAI lakukan pengawasan penyiapan pada sejumlah sekolah di DKI Jakarta. Di antaranya SMKN sixty three dan SMKN 57 Jakarta Selatan, SMKN 26 Jakarta Timur, SMKN sixteen Jakarta Pusat, SMPN 30 Jakarta Utara dan SMPN 106 Jakarta Timur. Namun, keenam sekolah tersebut tidak masuk dalam daftar sekolah piloting uji coba PTM secara terbatas.

Comments are closed.