Memulai Usaha Mikro, Kenapa Tidak?

Memulai Usaha Mikro, Kenapa Tidak?

Modal yang paling besar untuk peluang usaha ini adalah membeli gerobak dan alat-alat penggorengan termasuk tabung gas dan wajan. Untuk bahan-bahannya sendiri cukup mudah didapat dan harganya pun cukup murah. Selain karena mendapat warisan bisnis dari keluarga, ada pula yang merupakan orang sukses dari nol.

Seringkali ingin dikeluarkan namun hal tersebut bertentangan dengan pakem bisnis yang ada di dalam franchise itu sendiri. Tidak ada jalan pintas untuk membesarkan usaha sendiri kecuali Anda mempunyai modal besar. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah mempromosikan sosial media, baik itu melalui iklan berbayar atau bahkan endorse artis demi meningkatkan ketertarikan dari para calon konsumen. Walaupun hasilnya tidak instan, penggunaan sosial media memang menjadi cara terbaik untuk Anda yang memilih berjuang untuk menjalankan usaha sendiri.

Usaha sendiri tidak bergantung terhadap orang lain dan bisa dibilang sangat berbanding terbalik dengan franchise. Anda bisa mengatur cara berusaha, mulai dari penjualan, pembukuan hingga kreativitas. Akan tetapi, Anda harus bekerja keras untuk membesarkan brand Anda sendiri. Belum dikenal luas oleh masyarakat, pastinya tidak banyak orang yang tidak mau mengunjungi usaha Anda. Di titik ini, Anda akan diuji sebagai seorang pengusaha mandiri.

Anda harus mempelajari dinamika pasar, siapa yang akan menjadi kompetitor serta bagaimana karakteristik target pasar bisnis Anda. Seperti kurang berisiko, Iebih mudah, dan memiliki peluang untuk membeli dengan harga yang bisa ditawar. Sebuah bisnis tidak akan bisa tercipta tanpa kehadiran para pelanggan yang memerlukannya. Itulah mengapa pelanggan selalu dikategorikan sebagai Raja dan Ratu, karena tanpa kehadiran mereka bisnis kita tidak akan berjalan.

Memulai usaha dari bawah

Salah satu rahasia kesuksesan adalah memanfaatkan “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis. Nyali besar memang diperlukan untuk menjadi pebisnis yang sukses. Namun, tidak selamanya apa yang Anda harapkan itu terjadi dengan cepat, pastilah membutuhkan proses dan di dalam proses tersebut bisa saja Anda terpuruk dalam keadaan. Yang harus di lakukan adalah menganalisa dan mempersiapkan diri pada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Comments are closed.