Kemenko Pmk Pastikan Pembelajaran Tatap Muka Di Banyuwangi Sesuai Prokes Covid

Kemenko Pmk Pastikan Pembelajaran Tatap Muka Di Banyuwangi Sesuai Prokes Covid

Jika sekolah tatap muka diputuskan dapat diselenggarakan, lanjut Heroe, persetujuan dari orang tua siswa tetap menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi. “Sejauh ini hampir 100 percent guru dan tenaga pendidik di Kabupaten Purworejo sudah divaksin. Jadi, Kabupaten Purworejo siap melaksanakan PTM terbatas, tentu dengan protokol kesehatan yang ketat,” jelas Sukmo.

Tatap muka bagi anak SD

Murid di SD Petri di Dortmund, negara bagian Nordrhein-Westfalen , jadi teladan yang patut ditiru. Sebagaimana sekolah di seluruh NRW yang merupakan negara bagian terpadat di Jerman, sekolah ini juga mewajibkan murid untuk memakai masker, termasuk di dalam ruang kelas. Sampai sekarang belum bisa dinilai apakah aturan ini berhasil atau tidak. Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim membolehkan sekolah kembali menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, mulai tahun 2021. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah membolehkan sekolah kembali menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, mulai tahun 2021. World Bank juga mencatat dalam surveinya bahwa 44 persen sekolah yang disurvei kekurangan fasilitas dasar seperti rest room yang berfungsi dengan baik dan sumber cahaya yang cukup.

Namun, tentu saja harapan semua pihak hal ini tidak terjadi dan semoga pandemi ini segera berakhir. Semoga pemerintah, sekolah, dan orang tua dapat bekerja sama dalam memfasilitasi kegiatan belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah. Anak-anak Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas, baik secara tatap muka maupun jarak jauh. Sekolah dan tim UKS sudah menyiapkan alur mitigasi jika ada warga sekolah yang sakit. Bila ada anak yang bergejala mengarah pada COVID-19, maka orang tua harus mau anaknya diperiksa untuk memastikan anak menderita COVID-19 atau tidak.

Sedangkan para pengajar akan mengajar dengan dua metode setiap harinya, yaitu secara tatap muka dan daring. Kelas pagi untuk peserta didik yang mendapat jadwal masuk sekolah, lalu dilanjutkan untuk peserta didik yang belajar dari rumah. Hal ini dilakukan bergantian, sehingga setiap anak akan belajar di sekolah dua kali dalam seminggu. Umi menambahkan bahwa para Bandar Togel Online wali murid mayoritas setuju dengan kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas ini. Nadiem menekankan, pembelajaran tatap muka perlu di akselerasi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Sebelum vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan, pemerintah daerah juga diharapkan untuk mengakselerasi pembelajaran tatap muka sesuai kondisi satuan pendidikan.

Sekolah juga akan menyediakan lokasi khusus pengantaran dan penjemputan.”Sesuai dengan standar dari Dinas Pendidikan, siswa harus sarapan dari rumah, membawa bekal seperti air dan makanan yang disiapkan dari rumah,” kata Nursaena. Pemerintah mencoba mengantisipasi dengan menghadirkan berbagai program pendidikan melalui TVRI dalam Program Belajar dari Rumah sejak April 2020. Pembelajaran tatap muka dimulai Juli 2021 diputuskan dalam Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda. “Ingatkan pula supaya tidak menyentuh wajahnya dengan alasan apa pun. Bila hendak menyentuh wajah, cuci tangan dulu dengan sabun,” tutupnya. “Orangtua mesti tidak putus mengingatkan buah hatinya agar senantiasa mengenakan masker di sekolah,” kata dia.

Simulasi ini dilakukan untuk membiasakan pelajar terhadap adaptasi kebiasaan baru sebelum sekolah tatap muka itu resmi dibuka. “Kegiatan belajar tatap muka masih kelas IV, V, dan VI saja untuk SD. Sementara itu, kelas III ke bawah masih pembelajaran jarak jauh dari rumah,” kata Uripasih saat dikonfirmasi, Senin, 5 April 2021. Pemerintah daerah wilayah zona hijau dipersilakan untuk menggelar pembelajaran tatap muka. Kepala Sekolah SDN 07 Ciracas Umi Sumirah mengatakan pihaknya tak bisa memaksa orang tua untuk mengizinkan anaknya masuk sekolah. Sebab, Dinas Pendidikan memang sudah mengatur agar orang tua diberikan kewenangan untuk membolehkan anaknya bersekolah tatap muka atau tidak. Belajar dari pengalaman betapa timpangnya praktik pembelajaran jarak jauh, semua pihak harus bekerja sama untuk mendukung anak-anak Indonesia mendapatkan pendidikan yang berkualitas, baik secara tatap muka maupun jarak jauh.

Comments are closed.