Cara Agar Anak Tetap Semangat Sekolah Disaat Pandemi

Cara Agar Anak Tetap Semangat Sekolah Disaat Pandemi

Persebaran virus Corona yang massif di berbagai negara, memaksa kita untuk melihat kenyataan bahwa dunia sedang berubah. Kita bisa melihat bagaimana perubahan-perubahan di bidang teknologi, ekonomi, politik hingga pendidikan di tengah krisis akibat Covid-19. Perubahan itu mengharuskan kita untuk bersiap diri, merespon dengan sikap dan tindakan sekaligus selalu belajar hal-hal baru. Indonesia tidak sendiri dalam mencari solusi bagi peserta didik agar tetap belajar dan terpenuhi hak pendidikannya. Sampai 1 April 2020, UNESCO mencatat setidaknya 1,5 milyar anak usia sekolah yang terdamapk Covid 19 di 188 negara termasuk 60 jutaan diantaranya ada di negara kita.

Jadi, para guru perlu memiliki pemikiran bijak untuk menyikapi kondisi peristiwa makro saat ini dengan melakun inovasi melaksanakan PJJ di tengah himpitan ekonomi orang tua. Pihaknya sangat berharap pandemi ini segera berakhir agar kegiatan pembelajaran di sekolah kembali normal. Pihaknya bersama guru mencari solusi yang terbaik bagi pelaksanaan pendidikan di sekolahnya. Jika kamu merasa bosan dan malas belajar sendiri, belajar bersama teman bisa menjadi solusi. Selain akan menjadi motivasi belajar dan penyemangat, teman akan membantu saat kamu menemukan kesulitan.

PJJ tetap dilaksanakan sesuai prosedur, namun tidak membebani siswa, interaktif, diselingi games untuk menjaga semangat dan antusias siswa. Membersihkan ruang ujian sebelum dan sesudah digunakan untuk setiap sesi UN. Pembersihan dilakukan menggunakan disinfektan untuk seluruh piranti yang digunakan oleh peserta UN, seperti handel pintu, saklar lampu, komputer, papan tik , mouse, kursi, meja, dan alat tulis. Memastikan pengisian daftar hadir UN terhindar dari potensi paparan Covid-19 antar peserta UN, antara lain menghindari penggunaan alat tulis yang dipakai bersama.

Selama sekitar dua bulan diselenggarakannya virtual education, tingkat kehadiran siswa terjaga dengan efektif yang ditunjukan dengan persentase tingkat kehadiran sebesar 88,87%. Anak dilatih untuk berani menyampaikan ekspresi diri, baik kritik maupun pendapat. Hal ini meningkatkan kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal anak, sehingga anak terbuka terhadap persepsi orang lain. Dia berpesan, agar pihak McDonald’s dapat memaksimalkan protokol kesehatan di saat ramainya pengunjung. “Semoga gerai McDonald’s bisa tetap menjaga protokol kesehatan selama masa ini ya. Karena saya yakin BTS Army seluruh Indonesia semangat banget untuk menikmati BTS Meal,” kata dia. Sri Mulyani juga menekankan penting bagi para siswa agar selalu menjaga protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Seringkali gangguan saat belajar belajar menghambat proses penyerapan materi. Untuk memperoleh suasana belajar yang baik, hindarilah gangguan belajar yang mungkin terjadi. Aturlah waktu untuk bermain gadget, bermain sosial medua, melihat televisi, dan game on-line agar tidak mengganggu waktu belajar. Usahakan tidk ada sesuatu di sekeliling yang dapat mengalihkan fokus belajarmu.

Pandemi #COVID19 dan kondisi sosial yang mengikutinya bisa menyebabkan meningkatnya risiko anak-anak mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Ada juga beberapa orang yang menangkap pesan lain, seperti seperti perbedaan “kelas” masyarakat dalam menghadapi pandemi. Tetapi menurut Rizka, setiap karya dapat memiliki beragam interpretasi. “Masa pandemi menjadi tantangan baru untuk memulai hidup yang baru.

Hari-hari terus berjalan dan setelah hampir dua bulan siswa harus mengikuti pembelajaran online, semangat mereka menurun. Semangat mereka sudah tidak seperti minggu pertama, tugas-tugas masuknya terlambat, bahkan ada siswa yang tidak mengumpulkan tugas. Persiapkan perangkat yang anda butuhkan, baik itu laptop computer Agen Bola Online, smartphone, komputer maupun saklar listik untuk mengisi daya perangkat Anda agar tidak kehabisan daya di tengah-tengah fokus belajar.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Apabila peserta didik diajak untuk mendiskusikan kriteria-kriteria penilaian dalam rubrik penilaian tersebut, mereka akan mengetahui harapan seperti apa yang dibebankan terhadap hasil kerja mereka nantinya. Dengan demikian, mereka akan mulai memikirkan dan memilih strategi yang menurut mereka tepat dalam pengerjaan tugas yang diberikan. Eksemplar tidak hanya dapat digunakan sebagai mannequin karya yang baik bagi peserta didik, melainkan lebih dari itu, eksemplar dapat digunakan sebagai bahan untuk mengajak peserta didik menganalisis poin-poin baik dari eksemplar tersebut. Dari proses analisis ini, diharapkan peserta didik memahami betul poin-poin baik tersebut untuk diimplementasikan pada hasil karyanya nanti. Ringkasnya, rubrik penilaian dan eksemplar tersebut dapat dijadikan alat bagi peserta didik untuk menentukan tujuan dan standar pribadinya terhadap kualitas hasil kerja mereka nantinya. Apakah konten pembelajaran yang sesuai dapat ditemukan dari berbagai sumber?

Misalnya saja, ketika mengembangkan multimedia pembelajaran , pendidik dapat menggunakan prinsip-prinsip yang diusulkan oleh Mayer. Berdasarkan prinsip-prinsip ini, pendidik perlu memperhatikan prinsip koherensi, pemberian isyarat, redundansi, kedekatan spasial dan temporal, segmentasi, pra-pembelajaran, modalitas, multimedia, personalisasi, suara, dan gambar. Padahal, sekolah online tidak memiliki peran yang besar dalam mengubah sikap seseorang. Tidak sedikit orang yang mungkin beranggapan bahwa sekolah online bisa membuat anak jadi punya sikap individualis. Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, baik itu secara on-line maupun langsung, keduanya memang sama-sama memiliki hambatan untuk membangun relasi atau beradaptasi dengan orang baru.

Comments are closed.